Selamat Datang di pratamarentalps.blogspot.com >>> Semoga Artikel Saya Berguna... Terimakasih Kunjunganya...

Service Manual Playstation2

Disc Read Error (DRE) adalah masalah yang paling sering dijumpai oleh pengguna playstation,hal ini bisa disebabkan oleh kualitas dvd yang kurang bagus.Atau jika dvd ps2nya ga bermasalah berartipemasalahannya ada pada console ps2nya
Apa saja yang menyebabkan DRE atau tampilan ps2 anda Browser ( tidak keluar gambar).
biasanya permasalan ini disebabkan karena lensa laser tidak membaca dvd yang mungkin karena lensanya kotor atau juga dvd tidak mau berputar karena spindle atau motor tengah oleng.
Sekarang mari kita perbaiki bersama console ps2nya,langkah pertama yang harus anda lakukan adalah anda harus membuka casing penutupnya.
Berikut alat alat yang akan anda butuhkan:

  • Obeng standar,plus dan minua
  • Obeng jam atau obeng kecil
  • Cutton bud
  • Alkohol 70%
  • Pinset 
  • Pelumas
Tempatkan console anda posisi terbalik,buka semua tutup baut dan bautnya 
Setelah semua baut dilepas balikan console anda pada posisi normal menghadap keatas,kemudian buka casing penutup bagian atas dengan hati hati.Selanjutnya anda harus membuka bagian ats tray dengan terlebih dahulu melepas bautnya,seperti pada gambar berikut
buka juga baut pintu tray agar kita lebih mudah membersihkannya,kemudian kita lepaskan optiknya dengan terlebih dahulu melepas baut pada rel optik


 Angkat optik perlahan dan lepaskan flexibe/kabel ribon optik dengan hati hati

 Selanjutnya anda bersihkan rel dan rangka tempat optik dengan kuas atau dengan peniup udara seperti mulut,orang jawa bilang disebol bin salabin whuh.....manjur deh.
Bersihkan lensa optik dengan cutton bud yang dibasahi sedikit alkohol,jangan kebanyakan soale malah bisa jadi rusak.gosok dengan sangat perlahan dan hati hati searah.Setelah tidak ada debu yang menempel pada lensa optiknya,kemudian pasangkan kembali optiknya kencangkan baut pada rel.
Periksa juga laser assembly (rumah laser) beri pelumas pada relnya gerakan maju mundur dengan tangan pastikan tidak seret.
oke dah beres,kemudian kita tes pekerjaan kita hubungkan kabelnya pasangkan kasetnya dan penutupnya.kemudian nyalakan tombolnya,...dan hasilnya!!! ups kok ga jalan y! klo ga bisa berarti psnya udah pensiun he..he,..!!!Ga kok bercanda

   Tenang ja masih da langkah selanjutnya,klo sudah dibersihkan tetap ga mau jalan coba kita mengatur sudut lensa.Cara mengatur posisi sudut arah lensa terhadap disc adalah dengan memutar roda gigi putih(white gear) yang berada dibelakang disc tray,seperti pada gambar berikut
Anda dapat memutar kekanan atau kekiri sedikit semi sedikit dengan menggunakan kunci "L" atau obeng   ( - ) kecil.coba mengload game disetiap putaranya,selain itu atur juga tinggi rendahnya optik karena ini juga berpengaruh terhadap kemampuan optik membaca DVD game playstation.anda dapat mengatur seperti dalam gambar dibawah ini:
 putar baut yang ditunjuk garis kuning untuk mengatur tinggi rendahnya optik,andadapat memutar dengan obeng bintang atau obeng min kecil.
Selalu mencoba memutar dvd game disetiap pengaturan.sampai optik bisa membaca/mengeload game.

           Jika semua cara tersebut diatas sudah dicoba dan belum berhasil,langkah terakhir sebelum mengganti lensa optik adalah mengatur voltase laser (pengaturan voltase laser ini adalah hal yang sangat tsensitif) jadi pastikan anda sudah mencoba semua cara diatas.
Buka kembali optiknya,dibgian bawah optik akan ada 2 pot DVD dan VCD,atur pot DVD jika yang bermasalah pada dvdnya dan pot VCD jika yang bermasalah vcd

 

Memutar searah jarum jam berarti menaikkan voltase sedang berlawanan arah jarum jam adalah menurunkan voltase.Putar persatu derajat,alangkah baiknya jika terlebih dahulu mencoba menurunkan voltasenya,jika tetap ga bisa baru menaikkan persatu derajat,ingat terlalu tinggi voltasenya bisa menyebabkan konsleting/laser putus sehingga optik tidak bisa dipakai lagi.
Jika semua cara sudah dicoba dan tetap ga bisa memainkan dvd game,maka anda harus mengganti laser optiknya atau optik yang baru
selesai.

{COPAS http://rnbplaystation.blogspot.com}
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar