Selamat Datang di pratamarentalps.blogspot.com >>> Semoga Artikel Saya Berguna... Terimakasih Kunjunganya...

Mengatasi Power Supply PS2 Rusak

Halo para sobat,gimana ada permasalahan tentang PS kalian,kalau begitu ikuti terus ya blog ini,sekarang kita akan bahas tentang mengatasi Power supply yang rusak alias mati,kok bisa ya....bisa sajalah namanya juga kita hidup di dunia,he....he...he...
Ok...ke pokok masalahnya dimana Power Supply mati biasanya di tandai dengan lampu indikator PS kita yang tidak mau hidup,tapi diharap hati -hati saat memperbaiki khususnya bagian Power Supply ini karena walaupun sudah tidak terhubung pada listrik dan Power Supply dalam keadaan rusak Kapasitor masih mengandung tegangan tinggi yang berbahaya,Hal ini karena kapasitor dapat tetap menyimpan arus listrik dalam waktu yang lama,bahkan sampai berhari - hari.

Silakan simak beberapa langkah dalam pengecekan berikut,dalam intinya yang saya tunjukan adalah komponen yang sering sekali rusak/mati;
  • Buka Casing PS dengan hati2,Angkat power suply dari tempatnya dengan hati-hati, pastikan bahwa kalian tidak merusak kabel pita yang terpasang ke port controller. 
  • Konsletkan/Sort-kan pada kaki kapasitor dengan obeng/bebani dengan lampu dop juga boleh.
(Jangan pegang bagian bawah PCB,sebelumnya kalian sort-kan dulu)
  • Cek dulu sekeringnya,karena sekering adalah kompenen yang paling sering rusak lihat gambar pada nomer 1.
  • Cek dioda apakah ada yang sort/mati ditunjukan pada nomer 2,
  • Cek Induktor/ Rangkaian Mosfet (Jika di Voltase 220V biasanya sudah diganti dengan Rangkaian Mosafet) apakah sort/mati ditunjukan dengan nomer 3,
  • Cek Transistor apakah rusak/sort ditunjukan dengan nomor 4,
  • Cek Resisitor apakah ada yang sort/rusak ditunjukan dengan nomor 5
  • Setelah pengecekan selesai maka test tegangan OUT-PUT harus 12V jangan lebih.
Apabila dalam pengecekan diatas masih tetap mati mendingan LEMBIRU aja ha...ha...ha....
(klik gambar untuk memperbesar gambar)



 NB: Untuk diperhatikan gambar diatas tidak selalu sama dengan model PS kalian,tiap model PS mempunyai model Power Suply yang berbeda,namun pada intinya hampir sama,tinggal kalian raba2 sendiri aja,OK


SEMOGA SUKSES
Comments
15 Comments

15 komentar:

  1. cara mengukur tegangan outputnya gimana bang?
    trus cra mengecek kondisi mosfet gimana?
    trims..

    BalasHapus
  2. Untuk tegangan output gunakan multimeter,tegangan sebesar 11,7V untuk lebihnya bisa di toleransi sampai 12V,asal jangan kebablasan ya..,sedangkan untuk mosfet yang pasti untuk primer/sekundernya jangan sampai sort,maaf ya baru bisa balas,maklum habis banyak job di luar.....

    BalasHapus
  3. ada yang punya diagram dan daftar nilai komponen untuk PS2 10000 gak? thanks sebelumnya kalo ada yg punya. beri tahu saya pada blog komentar. OK ?

    BalasHapus
  4. punya saya 7 unit bekas rental gak nyala semua apa itu power supply"ny ya gara2 gak pernah dipake...

    BalasHapus
  5. Minta diagram dan daftar componenya gan, coz kmrn saya bli ps2 baru dri toko stlh ϑϊ pake bru 2 minggu mati saya bungkar ternyata PSU nya re kondisi, saya telah tertipu bang mohon pencerahannya

    BalasHapus
  6. Untuk Diagram PS2 ada banyak sekali,tergantung dari seri PSnya juga,kalau boleh tahu PSnya seri berapa??? tapi untuk intinya kerusakan seperti yang saya paparkan diatas,yang saya beri tanda merah adalah komponen yang seri mati,ganti sesuai dengan seri komponen yang sama.

    BalasHapus
  7. transistornya sulit di cari di kediri......mungkin ada persamaannya....tolong di kasih tahu. terimakasih

    BalasHapus
  8. Coba lihat Datasheetnya di sini bro http://www.alldatasheet.com/

    BalasHapus
  9. kalo power supply ps2 slim scph-90006 sudah lemah, bagaimana cara mengatasinya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lemanya di mana bro??? kalau tegangan yang menurun...silahkan cek Condensatornya, apakah sudah bocor? jika masih belum normal coba cek komponen lain, tapi menurut pengalaman saya biasanya terjadi kebocoran di Condensator/Elconya.

      Hapus
  10. Power suplay ps2 ane ada bunyi tik tik dan mati... kira2 apanya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat balas,kalau dilihat dari gejalnya,perkiraan ane ada speartpart yang kendor solderanya,kalau ga salah masih di tegangan yang tinggi tepatnya di input 220V,coba cek komponen atau socket tegangan masuknya.

      Hapus
    2. Gan Satrio.....ps2 slim ku skrng klo di pkai 15-20 mnit lngsung hang...mncul tlisan stick port 1 no conect....trim's.

      Hapus
  11. bos power saya rusak terus saya ganti. tapi saya bingung gak tau takut salah,setrum min plusnya yang ada di mainbordnya di sana kan ada 4 kaki. unuk type CSPH 30001.
    mohon batuannya makasih

    BalasHapus
  12. Gan ps2 seri 90006 ane pas dinyalain nyala tp gak lama mati lagi,ane cek psunya hanya kluar, tegangan 7,3v kira2 apanya yg eror

    BalasHapus