Mengatasi PS2 Gambar Pecah

Mungkin kalian pernah mengalami,pada saat kita ingin main PS2 dan pas kita nyalakan tombol reset...., Wah.....!!!! gambar di TV kok ga karuan ya.....(alias pecah2),pada kasus satu ini biasanya suara tidak terganggu/ normal, dan yang sering menjadi penyebab masalah ini adalah RB 470 pin 16 pada mainboard PS2 yang nilainya sudah berubah atau sort,untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini:

(SCPH-3000X / 5000X)
Gambar disamping adalah RB yang sering sekali penyebab gambar pecah, dalam pengukuran RB saya sarankan gunakan AVO Meter digital,agar nilainya bisa terlihat akurat,nilai dalam pengukuran RB bila di RB bertulis 470 maka bila diukur nilainya adalah 47ohm.
Sebelum kalian melangkah lebih jauh perlu di perhatikan,bahwa dalam penaganan /perbaikan PS diperlukan ketelitian,kebersihan dan kerapian,bagi yang belum terbiasa dalam solder menyolder dan melihat/mengganti komponen kecil lebih baik serahkan pada yang sudah mahir,mengingat  dalam penanganan kerusakan seperti ini diperlukan kejelian dan kerapian dalam penyolderan (bila tidak mau PSnya jadi tambah parah).
Ok sekarang kita lanjutkan,setelah kalian ukur RB dengan teliti....,harusnya kalian menemui RB yang nilainya beda dengan yang lain,apabila sudah ketemu RB yang rusak gantilah dengan yang baru dan nilainya sama,tapi apabila kalian malas dalam melakukan pengukuran silahkan ganti saja semua RB dengan yang baru....ha....ha....ha...(ga pa2lah harga RB muarah kok)
Apabila kalian telah selesai dalam penggantian RB dan telah melakukan penggantian RB dengan rapi dan sudah dipastikan kaki2 RB nempel semua silahkan kalian coba, dan apabila gambar telah normal berarti SELAMAT kalian telah sukses mengganti RB,selamat ya....,tapi jika belum perhatikan gambar dibawah ini: 

(SCPH-3000X /5000X)
Gambar disamping juga RB yang letaknya di antara IC EE dan IC GS,kok gak sekalian dari tadi ya dibahas!!!
Masalah RB error disini jarang sekali saya temui dan yang paling sering saya temui RB rusak yang letaknya dibaliknya / seperti gambar di atas,tapi jika kalian kurang mantap silahkan ganti semua RB,dan jika kalian telah mengganti semua RB tapi gambar masih pecah,maka kemungkinan bisa juga disebabkan oleh IC EE / IC GS yang mulai rusak atau mungkin kaki ICnya sudah mulai korosi dan tidak nempel dengan PCB,silahkan kalian coba untuk di panasi agar kakinya nempel kembali,namun jika terpaksa harus melepas saya sarankan pada teknisi,mengingat pekerjaan ini tidaklah gampang,sampai sekarang saja saya sendiri masih suka gagal karena alatnya yang masih kurang mendukung (masih newbie).

NB; Tutorial diatas adalah pengalaman pribadi yang sering saya lakukan dalam service PS2,namun tidak menutup kemungkinan komponen lain yang menjadi penyebab.


>>> SEMOGA BERMANFAAT <<<


Comments
10 Comments

10 komentar:

  1. Gan mau nanya nih..
    klo biaya untuk service RB kira2 pasarannya berapa y??

    BalasHapus
  2. Wah...kalau biaya sech tergantung tukangnya ya....,yang perlu diketahui disini untuk harga RB cuma 500 perak, he.....he...he....

    BalasHapus
  3. Oo gtu y gan.. berarti ga akan mengeluarkan biaya lbih dri 50rb y gan..
    thx info nya gan,,

    BalasHapus
  4. ARIEST GAME STATION. Terima service panggilan Ps3-psp-xbox-DS-Wii-Ps2 DLL. Jual Beli tukar tambah. Dalam kota di anter sampai tujuan. Luar kota lewat JNE. Tlp =081280329995

    BalasHapus
  5. bang.. klo main game sering macet masalahnya dimana ya..? hardisnya ok... coba pake hardis lain tetep aja macet2.. klo ada solusinya kirimkan link di fb ane ya bang.. maksih banyak..

    BalasHapus
  6. bisa pake soderan biasa gak ya?
    ato kudu pake soderan khusus?

    BalasHapus
  7. gan, klo ps 2 tebal power hidup tapi pas di pencet nggk mau hijau lampunya, udah ganti kabel resetnya tapi tetap nggk mau. penyakitnya apa ya gan..!

    BalasHapus
  8. To adhy: Mudah2 Masalah sudah terselesikan.
    To Muhammad: Coba Cek dulu swithnya dulu, menurut pengalaman ane sudah lepas tuh solderan swithnya.

    BalasHapus